Kamis, 19 April 2012

BI Perintahkan Semua Bank Tingkatkan Keamanan ATM

Padang, (ANTARA) - Pimpinan Bank Indonesia cabang Sumbar, Romeo Rizal memerinta semua bank di Sumbar untuk meningkatkan keamanan ATM masing-masing dengan meningkatkan sistem pengamanan dan penempatan ATM pada lokasi yang benar-benar dinilai aman dari kejahatan.

Perintah peningkatan kemanan terhadap mesin ATM milik semua bank yang ada di Sumbar ini, karena pihak BI melihat masih lemahnya keamanan dan penempatan ATM yang dilakukan bank-bank di Sumbar.

"Kita melihat saat ini keamanan mesin-mesin ATM masih lemah, sehingga pihak bank perlu meningkatkan keamanan dengan membuat sistem keamanan yang dapat melindungi mesin ATM dan tidak lupa pengamanan dari pihak bank dengan menempatkan petugas Satpam di lokasi ATM," ujar Romeo pada antara-sumbar.com, Senin (19/10).

Ia menambahkan, ada beberapa sistem keamanan yang harus dimiliki bank ke depan, yakni setiap ATM bank harus memiliki CCTV, skiming (pelacak), pemasangan mesin yang harus ditanam dengan dalam, lokasi yang tidak rawan, serta penyediaan Satpam.

"Semua bank harus saling bekerjasama dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan, di samping aspek persaingan," ungkapnya.

Sehubungan dengan itu, ia menjelaskan saat ini di Sumbar tercatat ada sebanyak 300 unit ATM seluruh bank yang tersebar di Sumbar, dan semuanya butuh peningkatan keamanan secara maksimal.

"Kita juga akan memerintahkan kepada semua bank pemilik mesin ATM untuk memindahkan mesin ATM yang diletakkan di tempat yang tidak aman. Seperti pada tempat-tempat yang peneranganya kurang," kata mengakhiri. (eko/wij)

sumber:
http://www.antara-sumbar.com/v3/berita/propinsi/d/1/131668/bi-perintahkan-semua-bank-tingkatkan-keamanan-atm.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar